Tuesday, March 28, 2006

Donor darah

Kemarin gw abis 'setor darah' alias donor darah. Sebelumnya gw belum pernah sekalipun mendonorkan darah gw. Sebenernya pengen juga sih merasakan sensasi di saat jarum (yang katanya gede) menusuk lengan gw dan di saat darah pertama mengalir ke bungkusan plastik penampung darah. Beruntung, kantor gw (katanya) rutin mengadakan acara donor darah. Dan kemarin senin, 27 Maret 2006, di kantor pegangsaan ada donor darah di ruang melati-melur. Akhirnya setelah mengikuti meeting mingguan jam 8 sampe jam 10an, gw bergegas menuju ruang melati-melur untuk mendaftarkan diri sebaga pendonor. Setelah mendaftar, beberapa saat kemudian gw dipanggil untuk diperiksa. Gw ditanya golongannya apa, tidur jam berapa semalam, dan sudah makan belum. Beruntung hari minggu sebelumnya ketika gw mengabarkan ke seorang (calon) perawat bahwa gw akan donor darah, gw disarankan untuk tidak tidur terlalu malam dan makan pagi sebelum donor. Keesokan harinya, gw nggak ada masalah waktu diperiksa. Sebenernya sih kalo soal tidur cepet itu gampang. Tapi kalo ga bangun malam harinya itu yang susah. Kan ada jadwal sendiri :p

Karena yang mau donor lumayan banyak akhirnya gw balik dulu ke ruang kerja. Setengah jam kemudian baru kembali ke tempat donor. Sesampai di ruang donor, nggak lebih dari 10 menit gw dipanggil untuk diambil darahnya. Saat itu pun tiba. Gw merebahkan badan di atas sederetan meja yang telah diberi tempat tidur. Petugas menyiapkan plastik penampung dan jarumnya yang emang terlihat lumayan besar. Jarum pun merobek jaringan-jaringan kulitku dan menusuk ke dalam daging. Darah pun mengucur melalui selang. Sayang gw ga sempet ngeliat. Gagal deh ngeliat darah pertama yang keluar. Tapi beberapa saat kemudian ketika orang di sebelah gw baru mulai proses pengambilan darah, gw sempet ngeliat darah orang itu yang pertama kali keluar. Syuuuurrrrr... darah merah mengalir melewati selang menuju tempatnya. Sekitar 15 menit (kayaknya, soalnya gw ga ngitung sih) akhirnya petugas menghentikan darah yang keluar dari tangan gw dan proses pengambilan darah pun selesai.

Sampai jumpa lagi para petugas PMI...

5 comments:

Anonymous said...

arrgh..aku paling enggan mbaca postingan kayak gini, ngilu ngebacanya....

Anonymous said...

Tuhhh akhirnya ngerasain kan ditusuk ma jarum..indah banget yaaaaa???hihihi...paling seru pas liat jarumnya masuk pertama kali...pasti jaid ketagihan kan bos??hehhehe...ditunggu ya donor darah berikutnya..:)

Anonymous said...

ck...ck...ck...
dua makhluk yang bertolak belakang :))

Anonymous said...

penyuluhan dari seorang tenaga kesehatan: KALO MAU SEHAT, DONOR DARAH AJA! BENERAN! NGGA BOONG!
cuman yaaa gitu...dilarang takut sama jarum..kan udah gede..sakit bentar aja kok...mumpung masih hidup hehe

arifi said...

makasih bu dokter, atas nasihatnya.
nasihatmu akan selalu kuingat