Tuesday, December 05, 2006

Memalukan

Sekarang sama sekali nggak ada hubungannya dengan Jiffest.

Semalam gue nungguin user yang lagi upload data. Gue balik bareng dia jam 8 lewat (hampir setengah jam lewatnya). Gue berpisah jalan setelah melalui pabrik (biasanya pake lift langsung ke bawah). Gue langsung menuju parkiran. Gue nyalain si BR (Black Red) dan si BR pun menderu-deru di tempat parkir. Tapi ada yang aneh. Suara si BR lain dari biasanya. Sepertinya agak letoy, nggak bersemangat. Setelah cukup panas, gue langsung turun dan kelaur parkiran. Di pintu keluar, ada truk yang lagi mau parkir di depan gue. Jadi gue berhenti. Waktu berhenti, suara si BR seperti sedang sakit, melemah, dan akhirnya mati. Gw coba nyalain lagi, tapi suaranya semakin lemah. Tidak ada tenaga untuk hidup. Oh my God! Bukankah kalo indikator bahan bakar sudah berkedip itu artinya masih ada cadangan sekitar 1 liter lagi. Tapi kenapa si BR jadi nggak bertenaga.

Setelah gue inget-inget lagi, ternyata si BR sudah mulai berkedip sejak hari minggu waktu gue lagi di perjalanan dari depok ke kos. Udah gitu lewatnya muter melalui Fatmawati - Sudirman - Thamrin. Hmm... pantes deh. Tadi pagi gue pikir tenaga si BR masih cukup kuat untuk pulang dan mampir ke POM Bensin yang jaraknya hanya sekitar 200 meter dari kantor. Ternyata, dia sudah terlalu lemah. Dan akibatnya sekarang gue yang kerepotan.

Gue nggak tau harus ngapain lagi. Akhirnya gw iseng coba buka penuh choke-nya. Gue nggak tau apakah itu berpengaruh atau tidak. Ternyata hasilnya memuaskan. Setelah gw nyalain, si BR mulai menderu-deru lagi. Tapi ketika gue masuk ke gigi satu, si BR langsung mati. Akhirnya gw coba langsung masuk gigi satu dan baru gue nyalain si BR. Maksudnya biar begitu nyala langsung bisa ngacir. Tapi ternyata sama saja, si BR tetap tidak mau ngacir.

Akhirnya gue tuntun si BR ke parkiran depan, biar gue bisa beli bensin dulu. Sewaktu menuntun si BR, seorang satpam bertanya
"Kenapa mas, motornya?"

"Abis bensin Pak."

"Abis bensin, masa orang AHM keabisan bensin sih?" katanya sambil bercanda. Dan gue pun ikut tertawa.
Memalukan. Orang yang bekerja di perusahaan yang membuat motor keabisan bensin. Untung nggak di tengah jalan, hehehe... Tapi namanya lupa kan bisa kena ke siapa saja. Termasuk lupa ngisi bensin :D

Gue nitip motor di parkiran depan dan langsung ke POM Bensin naik ojek. Pengennya jalan, tapi... cape dyeh... Ternyata di tengah perjalanan ada yang jualan bensin yang sudah di taro di botol AQUA. Akhirnya gue beli itu aja karena kalo beli di POM Bensin juga nggak tau pake apaan nampung bensinnya. tapi sebenernya itu beresiko juga. Nggak ada jaminan kalo bensin itu murni. Tapi nggak apa-apa lah, darurat.

Sampai parkiran kantor, gue isi si BR. Begitu gue nyalain, dia sudah kembali sehat dan siap untuk ngacir... Alhamdulillah... ternyata masalahnya memang karena bensin. Soalnya kalo masalah mesin, gue masih buta banget.

Hua... nggak lagi-lagi deh nyuekin kedipan si BR, bisa repot ntar...
Memalukan. Tapi nggak sememalukan kasus AB dan CD kan?

6 comments:

Amir Syafrudin said...

Been there! Done that!

Bukan masalah bensin sih. Torny malah pernah kehabisan oli samping. Untung matinya pas deket bengkel. Langsung beli oli, isi ulang, start, greng-greng, ngacir lagi deh.

Hati-hati kalau maen choke Bro. Busi bisa kebanjiran. Kalau dah gitu terpaksa bongkar busi dan keringin karburator. Btw, tempat busi dipasang itu karburator kan? :D

Buta motor juga nih :D.

arifi said...

Kalo gue baca di buku petunjuk, choke itu dipake kalo mesin lagi dingin. Makanya gue berani buka choke waktu itu, gue pikir mungkin mesinnya emang belum panas. Tapi nggak tau juga sih efeknya. Dan kalo ngeliat urutannya, kayanya masalahnya emang bensin deh. Soalnya bgitu isi ulang langsung ngacir.

Anonymous said...

Yip, yang memalukan itu bukannya kalo anak AHM ga punya motor? kan productnya motor bukan bensin, yah kayak anak telkomsel tapi ga punya pulsa gitu deh.. hehehe

arifi said...

Itu memang bener. Tapi itupun masih ada syarat. Sudah kerja lebih dari setahun. Kalo belum setahun belum punya, masih wajar dong (Kecuali kalo dijual). Lagian, kenapa harus malu ya? Biasa aja ah

Tapi ada satu lagi. Sebelum dapat motor dari perusahaan, kan ada training Safety Riding. Diharapkan karyawan-karyawan AHM dapat mengimplementasikan Safety Riding di jalan maupun di rumah supaya menjadi contoh bagi masy luas (maunya sih gitu). Nah, salah satu bagian dari safety riding itu kan melakukan pengecekan harian. Cek oli, bensin, mur, rem, lampu, dsb. Kalo nggak ngecek lampu, rem dan yang nggak gitu keliatan kan nggak ketauan. Tapi kalo nggak ngecek bensin sampe mogok di jalan kan ketauan banget. Makanya, malu-maluin kan kalo orang AHM keabisan bensin (ih, jadi malu beneran nih sekarang :D)

Anonymous said...

Trus kalo ada karyawan yan ga bisa naek motor, training Safety Riding itu termasuk ngajarin anek motor juga ga .. :P

arifi said...

Karena sebenernya motor itu hak karyawan, jadi kelulusan training safety riding bukan syarat buat ngambil motor. Kalo nggak bisa, bilang aja nggak bisa. Emang sih nggak dapat sertifikat safety riding, tapi tetep bisa ngambil motornya.