Wednesday, February 01, 2006

Catatan kecil di hari ulang tahun : Sebuah Pengakuan

Hari ini, 1 Feb 2006, genap sudah gw menginjakkan kaki ke bumi selama 24 tahun. Dalam momen 24 ini, gw cuma mau nulis "utang-utang" apa aja yang masih harus gw lunasi selama hayat masih di kandung badan.

Yang pasti, di blog ini gw masih utang dua tulisan yaitu Relativitas dan AADC. Ga tau nih, mau nulis terusannya kok males banget ya. Udah gitu ga ada yang comment lagi. Jadi kayaknya masih bisa dipending dulu :D Tapi yang AADC udah masuk draft kok, tinggal finishing-nya.

Soal pengabdian, gw juga masih banyak banget utang-utang yang masih terlantar. Baca quran minimal 1 halaman / hari (konvensi bersama DOA, masih berlaku ga ya?), sholat di awal waktu, sholat malam - wah yang ini susah banget nih :( , yang baru diadain - rekening infak / zakat (sori gw blm bisa gabung, sementara gw alokasikan ke sodara2 gw dulu, tar kalo gaji gw dah segede gaban deh :p), qurban, naik haji,... whua.... banyak banget yang belum. Belum lagi kata si Idealis, "ga usah muluk2 dulu deh, yang deket2 aja dulu, apa sih yang bisa kita berikan ke orang lain yang sebenernya bisa kita bantu?" Thats a great idea.

Soal baca quran, itu emang kalah pamor ama harpot 6, "Harry Potter dan Pangerang Berdarah Campuran". Tapi itukan cuma beberapa hari aja (bayangin aja harpot yang ampe 800 hlmn lebih bisa kelar beberapa hari, tapi baca quran 1 halaman / hari aja susahnya minta ampun). Yang pasti, selalu ada alasan klasik seperti sibuk, cape, males dan sebagainya. Gw kan selalu punya stok kambing yang item2 :p

Bangun pagi ternyata juga masih menjadi momok yang cukup sulit dihadapi. Dengan bangun jam 5 - 1/2 6 an berarti subuh di awal waktu jadi ilang. Kalo duhur, lebih sering makan dulu bareng temen2. Asar, tanggung sekalian balik. Paling2 yang masih bisa jadi harapan cuma maghrib ama isya. Itupun kalo lagi nggak di jalan :) n... ga males

Kalo solat malem kayaknya ga perlu banyak komentar. Kebiasaan lama masih nongkrong noh. Cuma dapet niat doank. Lumayan lah masih dapet pahala niat :p Kalo bangun karena alarm, langsung gw matiin alarm. Kalo bangun sendiri, tanggung belum jam 4. Abis itu bangun lagi jam 5 :p Tapi kemarin2 waktu masih training lumayan sering lho solat malem. Bangun jam 3 ato 4 trus langsung solat, tapi cuma solat isya, ha...ha...ha... abisnya pulang kerja langsung tidur n lom solat isya :p cape banget trainingnya.

"Allahumma a'inna 'alaa dzikrika wa khusni 'ibaadatik"

Salah satu program yang cukup menarik dari DOA adalah rekening zakat / infak. Tapi sayang gw belum bisa bergabung dulu, myb next month ato nextnya lagi, ato nextnya lagi (looping terus). Seperti yang udah gw bilang di atas, nunggu gaji gw segede gaban :D Nah, kayak anak2 yang lain, salah satu target tahun ini (1427 H) adalah qurban. Tapi mungkin sekali lagi gw ga bisa gabung dulu, karena gw mau di rumah dulu. Itu kalo qurbannya 1 :p Kalo diberi kesempatan lebih, mungkin gw bisa gabung tahun ini. Amin... Btw kalo qurban hadi ndut bisa buat berapa orang ya :p

Masih berhubungan ama hadi, eh maksud gw qurban, layaknya seorang muslim tentu pengen melengkapi rukun islam. Ga tau kapan, somehow, somewhen, and someone, baru niat yang ada ama gw. Mudah2an Sang pemilik kabah berkenan supaya gw bisa melihat rumahNya. Amin...

Yup, itu dia sebagian kilas balik dan resolusi selama sisa hidup gw. Eits... tunggu dulu. Itu baru sesi pengabdian. Masih ada sesi yang lain. Sesi komunitas ama sesi karir. Seru kan. So, tinggalin dulu kerjaannya. Jarang2 lho gw nulis sebanyak ini. Apalagi ini edisi spesial yang cuma keluar paling cepet setahun sekali. Dont miss it prenz!!! OK kita terusin lagi.

Saat ini setidaknya gw aktif (nggak aktif banget sih, kadang2 doank :p) di dua komunitas yaitu komunitas DOA dan ITTA6. Sbenernya ada satu lagi tapi gw dah bukan anggota lagi, tapi anggota kehormatan :p bener ga ya? Gimana aturan di AD/ART nya. Komunitas yang gw maksud adalah SINTESA. Tapi gw aktif di milisnya kok, aktif baca maksudnya. Selain sebagai anggota gw disitu juga masih berperan sebagai admin milisnya. Tapi itu sudah gw mandatkan ama junior gw di kampus. Soalnya dia yang lebih tau berita yang up-to-date soal SINTESA.

DOA adalah sebuah komunitas yang asal-usulnya tidak patut, tidak layak, tidak pantas gw utarakan di sini, he...he...he... Sorry, just kidding, tapi bener kan? Keberadaan DOA muncul di saat gw masih kuliah. Dan orang2 yang tergabung tentunya sebagian temen2 kuliah dulu. Sperti yang udah gw bilang, kayaknya ga perlu gw jelasin asal-usulnya, soalnya... ga jadi deh. Kita ngomongin kegiatannya ama orang2nya aja.

Makhluk yang tergabung dalam DOA itu makhluk2 pilihan yang sangat unik. Sebut aja, ada Pangeran Cinta dengan segudang cintanya, Pangerang Berkumis dengan -tentu saja- kumisnya :p, Pangeran Tidur (Kakanya Putri Tidur :p) dengan bebek kuningnya, Pangeran Berdarah Campuran dengan laba2 kosmosnya, Kaka Beradik Pangeran Gembel, Pangeran Jalanan yang suka nyasar :p, dan masih banyak pangeran yang lain (ye... gw ga gw masukin, terserah yang nulis kan :)) )

Kegiatan DOA adalah kegiatan yang universal. Dia bisa berada di mana aja (yang pasti positif duonk... positif ancurnya :p) Kalo yang rutin2 ada kumpul sabtu pagi buat ngaji bareng, abis itu kalo memungkinkan ada main bola bareng terik matahari (main bola jam 1an, biar panas yang penting asik). Kalo udah cape, biasanya ngumpul di basecamp (istana Pangeran Berdarah Campuran). Di istana tersebut palagi kalo bukan adu ketrampilan / ilmu masing2, Laba2 Kosmos vs Pohon Cemara misalnya. Selain itu biasanya juga ada acara melihat pemandangan di dunia maya / fiksi. Sebenernya masih ada lagi rutinitas2 lainnya yang panjang banget kalo disebutin satu persatu. Kalo yang ga rutin, ya tergantung acaranya. Misalnya apa ya... O iya dulu pernah ikutan kampanye terakhir PKS di senayan hari selasa tanggal 30 September 2004 (gile ga tuh sampe masih inget tanggalnya). Dan masih banyak lagi pokoknya.

Trus buat apa gw nulis2 komunitas tersebut? Tenang... itu cuma introduction. Yang pengen gw tulis sebenernya apa sih pengaruh (sebenernya sih apa untungnya? cuma nanti kesannya jadi matre gitu, mikirnya untung rugi, tapi kenapa gw tulis juga ya akhirnya, hm.... ga ngerti) buat gw. Yup, selain jadi "tempat pelarian" kalo weekend, komunitas ini gw harapkan dapat menjadi komunitas pengontrol gw (cie...). Lihat aja kegiatannya, ngaji, qurban, infak, zakat, dan yang lainnya. Semuanya positif. Yang gw harapkan tentu saja mereka or one of them bisa ngingetin gw (maklum, peringatan dari atas suka ga kliatan, kalo kliatan biasanya gw cuekin). Tapi kalo dari makhluk yang kliatan n langsung ngingetinnya suka lebih efektif. Emang sih jadinya niat bukan Lillahita'ala. Tapi ibarat mesin bobrok kadang suka harus dipancing supaya bisa jalan. Nah, itulah gw, mesin bobrok yang masih harus selalu dipancing. Dan DOA adalah salah satu pemancingnya. Thx DOA. GO!!! DOA! (Gimana? Arisan nikahnya ga jadi nih? Married Awardnya?)

Komunitas kedua yang masih aktif adalah ITTA6. Kalo yang ini sih gpp kalo gw jelasin semuanya. Soalnya ga ada skandal kaya DOA :p (Padahal gw suka bawa skandal lho kalo lagi ngumpul di komunitas ini, skandal jepit, alah....) ITTA6 terbentuk dari 19 (harusnya 20) personil yang berasal dari segala macem background. Dari S1 sampe S2, dari universitas A sampe universitas Z, dari jurusan ilmu komputer sampe jurusan MIPA Kimia. Tapi yang pasti, seperti namanya, Information Technology Training 4 Analyst (CMIIW), personil komunitas ini dipersiapkan untuk menjadi kader2 analyst di masa depan (meskipun sekarang masih jd programmer :D). ITTA6 ini diadakan oleh AHM (tempat kerja gw sekarang). Kenapa 6? Karena ini angkatan ke 6. Dan sekarang ITTA6 ini lagi dipercaya jd panitia "Family Day" untuk divisi IT pada bulan Juli-an.

Tapi, apa sih yang bikin gw nulis tentang komunitas ini. Yup, seperti DOA, komunitas2 yang gw tulis di sini tentu bukan sembarang komunitas. Di ITTA6 ini gw banyak banget belajar. Mulai dari individual skill , managerial, sampe technical skill (IT). Untuk non teknis, ada banyak training seperti Team Building, ABMP, IT Consultancy Skill, Effective Communication, "The Apprentice", dan sebagainya. Semua training di atas yang pasti meninggalkan bekas, meskipun cuma foto :p Di ITTA6 ini juga lah akhirnya gw harus menghadapi sesuatu yang sebenernya pengen gw hindari, JAVA. Tapi ternyata enak juga pake Java meskipun baru sebagian kecil yang gw hadapi. JAVA, yup, itulah bhs pemrograman yang gw akrabin sekarang.

Ngomong2 soal kerja / karir, tadi gw dah janji mo ngomongin soal karir. Sebelum lulus, dulu gw punya cita2 bekerja pada posisi MT, kalo bisa malah sekalian murtad. Udah gitu, gw pengen tahun 2006an gw dah punya pegangan tetap (baca: jadi karyawan tetap). Dan untuk mewujudkan cita2 itu, setelah lulus kuliah gw cari lowongan2 baik dari koran, web site, maupun kampus. Selama kurang lebih 3 bln gw ngelamar ke sekitar 60 perusahaan. Tapi belum ada yang cocok juga. Sampe akhirnya daripada nganggur nggak jelas, gw memutuskan untuk bergabung ama temen2 gw di suatu software house. Rupanya di sinilah awal keberuntungan gw dimulai. Meskipun kurang menjanjikan (sory... :p ), tapi karena pengalaman di sinilah gw bisa lancar ketika job interview di AHM. Singkat cerita, akhirnya gw diterima di AHM dan menjalani training selama 6 bulan. Dan yang bikin gw makin beruntung, ternyata di training in gw juga mengikuti MT-IT. Pekerjaan yang gw cari2 (gpp deh meskipun IT-IT juga, ynag penting MT :)) Ternyata keberuntungan gw nggak cuma sampe di sini. Setelah 6 bln lewat, gw menjadi orang ke 12 dari 12 orang yang diterima (baca: diangkat) di AHM. Berarti resolusi 2006 gw berkurang satu :)

Beberapa temen gw (beberapa > 1) pernah nanyain di waktu yang berbeda kurang lebih satu bulan. Mereka nanya : "Emang lo udah mau 'mengabdi' di AHM?" Pada jawaban pertama di awal januari gw jawab : "Ya!". Tapi sebulan kemudian dengan pertanyaan yang sama gw jawab "Ya, liat aja nanti" Gw mulai berpikir, suatu saat kalo gw dah bosen hidup di Indonesia, ya terpaksa gw harus nyari perusahaan lain (cie... bahasa Inggris aja dapet C). Itulah satu2nya alasan yang terbesit. Jadi jangan pada ngulang pertanyaan yang sama lagi ya... Bisa bosen jawabnya :p

Whua... panjang juga tulisan gw. Dah semua kan? Eits... kayaknya ada yang kelupaan nih. Sesi yang yang paling penting, yang paling ditunggu, sesi pribadi, terutama sesi jodoh. Tapi... dah cape, buat taun depan aja biar pada penasaran, ha...ha...ha...

C U next year when ICU, not in the same place, bution the higher place, higher and higher.....

2 comments:

Anonymous said...

He..he..., mengalir banget nulisnya yip....pasti lega ya abis nulis kayak gini...

Bagus men...tulis terus ya

arifi said...

biasa aja ah :p
ini juga nulisnya sampe semingguan,
lumayan... sehari satu dua paragraf :D seminggu jadi cerita kan?