Tuesday, June 20, 2006

Orang Gila

Gila! Kata ini mungkin memiliki banyak makna di benak setiap orang. Ya, begitu denger kata gila, yang ada dalam benak saya adalah Itali dan AC Milan. Kok bisa? Lah, Gila kan striker dari kedua tim (maksudnya Gilardino :p). Cukup deh, cukup intronya :p

Hidup ini memang sudah gila. Kata orang, kalo sekarang tidak gila, susah untuk hidup. Tapi gila yang mana ya? Masuk RSJ kah? Ah... tuh kan, definisi gila memang banyak. Entah gila atau tidak, tapi dalam mengambil beberapa keputusan, saya seperti merasa dicap gila oleh orang lain. Padahal, apa yang saya putuskan, cuma keputusan biasa yang memang seharusnya saya putuskan. Just that. I think it was a common desicion.

Tapi, kalo dipikir-pikir, meskipun kata gila sudah memiliki definisi tersendiri, kita bisa bersama-sama meredefinisi kata tersebut. Seperti kata seorang teman, opini publik, itulah tools yang bisa membantu kita meredifinisi suatu kata.

Ya! Kalo melihat ke belakang, sepertinya dunia ini memang makin gila. Coba saja! Seandainya saya ingin menjadi Tuhan, apakah mungkin? Apakah saya akan dianggap orang gila? Bisa jadi. Tapi tunggu dulu, lihat saja di blog mamat. Di situ ada tips (atau lebih tepatnya cara) menjadi 'Tuhan'. Dengan cara tersebut, kita bisa membuang atribut gila dari diri kita. Tapi, apa itu berlaku untuk semua orang? Tentu tidak. Hanya orang-orang yang berhasil kita 'cuci otaknya' yang tidak akan menganggap kita orang gila.

Ketika seseorang tetap teguh mempertahankan prinsipnya di tengah-tengah dunia yang mulai gila ini, mungkin akan dianggap gila. Misalnya dalam hal pekerjaan. Orang-orang yang mengikuti proses alias es-o-pe mungkin akan dianggap gila karena dinilai tidak akan 'menghasilkan' apa-apa yang bernilai buat dirinya. Tapi, mungkin karena opini yang terbentuk memang sudah seperti itu, orang yang menerobos aturan, ataupun orang licin dan gesit yang mencari 'celah' untuk mendapatkan apa yang dia mau akan dianggap hal biasa. Bukan orang gila.

Hmm... susah jadi manusia. Pasti kalo saya ingin menjadi sesuatu yang lain selain manusia pasti akan dianggap gila.
Jadi, sebenernya siapa yang gila ya?

No comments: