Monday, March 05, 2007

Bank

Di suatu hari, tiga orang sahabat melakukan perbincangan yang seru. Sebut saja mereka si Putih, si Abu-abu, dan si Hitam. Mereka bertukar pikiran mengenai suatu lembaga yang sudah menjadi 'barang wajib' di jaman sekarang.

H : "Bu, pinjem duit dong, ce..."
A : "Sory dory mory... ane lagi bokek coy."
H : "Halah... Eh Tih, ada nggak? Cepe ceng. Ntar ane balikin lewat bank deh. Ntar ane transfer ke rekening ente."
P : "Tam, kalo pinjem duit sih ok-ok aja. Tapi cara balikinnya yang kaga ok, cash aje ye. Ane kaga punya rekening di bank."
A : "Busyet... Hare gene kaga punya rekening? Emang ente tinggal di mana coy?"
A + H : "Di Hutan? Hahaha...."
P : "Kaga mungkin lah, sekarang di taneh kite nih, hutannya udeh jadi danau cing. Danau musiman alias danau lima taonan."
A + P + H : "Hahaha..."
A : "Bener juga ape kate ente. Tapi bai de wei temennya bas wei nih, emang beneran ente kaga punye rekening. Kenape? Riba?".
P : "Iye nih. Ane takut ame ribanye. Riba itu haram. Dan barang yang membawa riba bisa membawa kita ke nerake. Kate Pa Ustad sih gitu."
A : "Aduh... kemane aje nih orang? Ente pan tau. Sekarang jamannye serba canggih. Dan kecanggihan itu juga sudah merambah ke dunia perekonomian."
H : "Lagak lo tuh. Kaye pakar ekonomi aje. Duit aja kaga gablek."
A : "Hehehe..."
H : "Nyengir aje bisa lo."
A : "Eh, bentar nih, ane belum kelar ngomongnya tadi. Jadi sekarang udah jamannya transaksi-transaksi itu serba otomatis cing. Jadi mau nggak mau pasti melibatkan bank. Emang sih, ane tau, bank itu erat kaitannya ama riba. Tapi sekarang kan udah bejibun tuh bank-bank yang nyediain paket-paket syariah yang berbasis sistem syariah. So, sapa takut berhubungan sama bank?"
H : "Udah deh, ngapain pusing-pusing. Pokoke sekarang kita tuh nggak bisa hidup tanpa bank. Gajian pake bank. Transfer pake bank. Nabung pake bank. Bayar pake bank. Jadi ya udahlah. Terima aja. Jangan bikin susah sendiri."
P : "Nggak ah. Memang sih sekarang dah banyak bank-bank syariah, tapi kan tetep aja tuh bank pasti berhubungan dengan bank-bank konvensional. Abis gimana lagi, orang kita berada di satu sistem besar, ya pasti nggak bisa lepas dari yang konvensional meskipun yang kita pegang sudah menganut syariah."
A : "Busyet dah. Kalo dah ngomongin satu kesatuan sistem kaya gitu ya susah coy. Lha emang sekarang kita hidup di jaman yang kaya gitu. Yang penting kan niat kita coy, trus kaga ikut-ikutan yang lain. Yang penting niat kita emang cuma buat nyimpen duit dan memanfaatkan fasilitas bank selama tidak melibatkan riba. Udah gitu, pan bank yang kita pake bank syariah. Jadi ya... mudah-mudahan sih aman dunia akhirat."
H : "Sekarang gue jadi penasaran. Emang lo nyimpen duit lo dimana? Di celengan ayam? Hehehe..."
P : "Selama ini sih gue nyimpen duit di rumah, bentuknya bisa duit atau emas. Ya... perhiasan gitu deh. Kalo pas ada banyak duit ya gue beliin tanah aja. Pokoknya gue kelola sendiri deh. Lebih adem hati aye."
A + H : "Hah..."
A : "Segitunya banget lo coy. Argh... susah deh ngomong ama nih orang."
H : "Hidup udah susah, malah makin dibikin susah. Orang yang aneh. Eh Tih, gimana jadi minjemin duit nggak? Ntar aye balikin pake tanah deh."
A + P + H : "Hahaha..."

No comments: