Tuesday, September 18, 2007

Mencari Tuhan

Bila mendengar kata mencari, yang muncul di pikiran adalah tentang dua hal yaitu menemukan kembali sesuatu yang hilang atau menemukan sesuatu yang belum pasti keberadaanya.
Mencari Tuhan! Itu adalah salah satu kalimat yang sering digunakan oleh para petualang spiritual. Tapi aku merasa kurang pas dengan istilah itu.


Mencari Tuhan? Memangnya tuhan pernah hilang? Tuhan itu maha besar. Dia yang menciptakan ruang dan waktu. Dia tidak mungkin terselip di antara ruang yang Dia ciptakan. Dia tidak mungkin tertinggal oleh waktu yang Dia ciptakan. Rasanya terlalu bodoh untuk mengatakan kalau Tuhan hilang.


Mencari Tuhan? Memangnya tuhan tidak ketahuan keberadaannya? Tuhan ada di mana-mana. Dia ada dalam bumi yang bertasbih. Dia ada dalam langit yang bertahmid. Dia ada dalam semesta yang bertakbir. Dia dekat dengan manusia, lebih dekat daripada aliran darahnya sendiri. Bahkan Dia juga punya ’rumah’ di tanah suci. Keberadaan tuhan terlalu jelas untuk dipertanyakan.


Lalu, untuk apa Dia dicari?

4 comments:

Iwan Awaludin said...

Wah, hebat sudah tahu di mana Tuhan. Tapi kan ngga semua orang tahu bahwa Tuhan ada di mana-mana. Karena itulah mereka mencari Nya. Kadang juga mereka belum tahu ada Tuhan, hanya ada sesuatu yang ultimate devine. Karena itulah mereka mencari Nya. Jadi biarkanlah para pencari Tuhan dengan pekerjaannya.

arifi said...

Bagi yang belum tahu ada Tuhan, maka mencari Tuhan bukanlah kata yang cocok untuk mereka. Mereka lebih pantas dikatakan mencari Ultimate Devine. Sedangkan bagi yang tahu bahwa Tuhan itu ada, rasanya tulisan ini cukup menjelaskan keberadaan Tuhan. Jadi, tidak perlu dicari bukan? :)

Siapa Kita said...

Mencari Tuhan itu bermakna bukan mencari Tuhan yang telah hilang sosokNya
Tetapi telang kehilangan Tuhan dihatinya

Yoyok said...

Tuhan tdk perlu dicari krn Tuhan itu dekat. Hanya kita yang sering melupakanNya. Bersyukurlah jika Anda msh ingat Dia karena itupun adalah hidayahNya bukan karena ibadah Anda. Orang yg pernah jauh dariNya dan sdh tobat pasti mengerti.