Wednesday, September 05, 2007

Menjelang Puasa

Kurang dari dua minggu lagi, kita sudah memasuki bulan puasa. Beberapa rencana dan rutinitas pun siap menghiasi hari-hari.

Cari tiket mudik sebelum puasa. Itu hal wajib yang nggak boleh terlupakan. Biasanya gue mudik H-2. Berarti, sebulan sebelumnya (mungkin tanggal 11 atau 12 nanti), gue harus berjibaku untuk mendapatkan selembar tiket kereta. Males deh... Ada yang mau dititipin nggak?

Tahun kemarin, setelah ada motor, gue jadi rutin tarawih di Istiqlal. Entah kenapa, kalo solat di situ nuansanya beda aja. Mungkin karena jumlah jamaah yang luar biasa banyaknya. Sehingga bisa merasakan kebersamaan dalam meraih CintaNya (taela... bahasanya :p). Sebelumnya, biasanya gue cuma tarawih di musola atau masjid yang jamaahnya tidak sedahsyat Istiqlal. Gimana kalo solat di Masjidil Haram ya? Ih, jadi pengen deh. Kapan ya bisa silaturahim ke rumahNya? Mengenai buka puasa, di Istiqlal juga disediakan buka bersama dengan sebungkus nasi dan air minum. Kalaupun ingin menyegerakan maghrib, bisa sekedar buka dengan air dan kurma yang disediakan pengurus masjid. Selanjutnya, bisa 'makan besar' setelah solat maghrib di sekitar Istiqlal. Di bulan puasa, banyak penjual makanan menjelang buka puasa hingga sebelum sahur di komplek Istiqlal. Tapi... dengan deadline proyek yang ketat, sepertinya agak diragukan kalo gue bisa rutin tarawih di Istiqlal. Umm... kalo qiyamullail dan subuh di Istiqlal kaya apa ya (ya sama lah, qiyamul lail pasti malam hari dan subuh pasti dua rokaat :p) Ada yang mau gabung???

Rutinitas yang agak merepotkan di bulan puasa adalah... apa hayo... Sahur? Betul sekali... Ya, secara gue masih ngekos dan nggak ada fasilitas makan pagi. Jadi selain bangun pagi, gue juga harus bergerilya mencari warteg atau warung-warung yang lain (itupun kalo bisa bangun paginya). Hmm... coba ada yang bangunin dan masakin (wah... jangan ngasih saran yang nggak-nggak ya :p).

No comments: